KehamilanKeluargaWanita

14 Pantangan dan Larangan untuk Ibu Hamil

11 Juni 2019

Salah satu hal yang paling sensitif pada saat masa kehamilan adalah pengaruh lingkungan ibu hamil. Pekembangan janin sangat ditentukan oleh pola kehidupan sang ibu atau anda. Tentunya anda akan mengharapkan anak anda sehat saat lahir. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui beberapa pantangan untuk ibu hamil yang perlu anda ikuti. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk janin anda.

larangan dan pantangan untuk ibu hamil

Seperti yang anda ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan budaya dan tradisi. Akan tetapi beberapa tradisi yang masih diteliti oleh para ahli apakah mempunyai koneksi khusus yang mampu mempengaruhi jalannya perkembangan janin. Oleh sebab itu apabila anda hidup di lingkungan yang penuh dengan tradisi maka anda harus menyimak penjelasan berikut.

Beberapa Pantangan untuk Ibu Hamil

Tentu saja saat hamil ada beberapa hal yang perlu anda hindari. Apabila anda mengetahui dan tetap melakukannya maka anda akan membahayakan anak anda sendiri. Bagaimanapun juga anda tentunya menginginkan kesehatan yang begitu lama untuk anak anda. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan selama masa kehamilan.

1. Konsumsi  makanan mentah

bumil dilarang makan makanan mentah

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah anda tidak boleh memakan makanan mentah. Makanan mentah mempunuyai resiko untuk meningkatkan gangguan kesehatan. Ini merupakan kabar buruk bagi anda pecinta makanan mentah seperti daging sapi setengah matang dan juga sushi. Anda sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Ikan yang mempunyai kandungan merkuri

ikan dengan kandungan merkuri

Seperti yang anda ketahui bahwa semua jenis ikan laut sangatlah bernutrisi untuk anda. Akan tetapi ketika anda sedang menjalani masa kehamilan anda harus lebih selektif dalam memilih makanan ikan laut. Ada beberapa ikan laut yang mengandung merkuri. Dan tentunya ini akan berakbat buruk untuk anda. Ikan mackeerel, todak, dan tilefish merupakan salah satunya.

3. Makanan yang memicu alergi

bumil yang beralergi

Anda perlu mengetahui riwayat alergi anda sendiri. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan yang dapat memicu alergi anda. ini juga akan mempengaruhi tumbuh dan kembang janini. Tentunya sebagai ibu anda tidak menginginkan perkembangan janin yang ada di perut anda tergaggu oleh anda sendiri. Salah satu makanan adalah kacang  dan produk olahanya.

4. Minuman beralkohol

bumil dilarang meminum alkohol

Tentu saja minuman beralkohol tida baik untuk siapapun. Apabila selama masa kehamilan anda terus terusan mengkonsumsinya maka akan menghambat pertumbuhan janin yang ada pada perut anda tersebut. Alkohol dapat mempengaruhi kemampuan otak yang ada pada janin. Resiko yang dapat anda rasakan adalah kurangnya IQ dan gangguang fisik pada anak.

5. Kafein

bumil dilarang meminum kopi

Sudah banyak penelitan oleh ahli yang mengungkapka hubungan antara kafein dan juga kehamilan. Saat masa kehamilan terlalu banyak asupan kafein ke dalam tubuh tidaklah berakibat bai untuk kehamilan itu sendiri. Begitu juga saat tidak hamil. Kafein dapat meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil, oleh sebab itu anda perlu menghindarinya.

6. Kalori yang berlebihan

Seperti yang anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui asupan kalori yang anda butuhkan setiap harinya. Jangan sampai anda makan atau minum dengan berlebhan sheingga banya sekali kalori yang terdapat di dalam tubuh. Hal ini tentunya tida berakibat baik bagi anda.

7. Menggunakan baju ketat

bumil tidak boleh memakai baju ketat

Zaman yang sudah modern ini bayak sekali baju yang sudah d modifikasi. Salah satunya adalah dengan baju yang ketat. Mulai dari celana hingga baju. Saat proses kehamilan anda harus menghindari menggunakan pakaian jenis ini. Hal ini dapat mengganggu proses pertumbuhan jann yang ada di perut anda. Gunakanlah baju yang cukup longgar untuk anda.

8. Merokok

bumil dilarang merokok

Sebagai ibu hamil anda harus menghlangkan kebiasaan merokok. Apabila anda merokok saat sedang hamil maka bayi yang akan anda lahirkan akan sanga rendah. Apabila anak anda mempunyai berat badan yang rendah maka nantinya anak anda akan kesusahan belajar. Ditambah lagi anak anda juga akan kecanduan nikotin bahkan merokok dini.

9. Susu yang tidak dipasteurisasi

Apapun yang mentah sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Begitu juga dengan susu. Susu yang tidak di pasteurisasi adalah susu yang tidak mengalami proses pembasmian bakteri dengan cara menggunakan suhu yang sangat panas. Sehingga apabila anda akan mengkonsumsi sebuah produk susu maka anda harus lebih jeli dalam memilihnya.

10. Membersihkan kotoran kucing

bumil dan kucing

Bagi anda yang mempunyai peliharaan kucing atau anjing dirumah, anda perlu rajin membersihkan tempat kotorannya. Kotoran kucing yang dibiarkan begitu saja akan menjadi tempat perkembang biakan bakteri. Apabila anda membiarkannya begitu saja maka anak anda ataupun anda juga akan terkena infeksi bakteri yang menyebabkan  keguguran.

11. Berendam air panas

bumil tidak boleh berendam air panas

Salah satu hal yang membuat anda rileks adalah berendam air panas. Namun, berbeda halnya ketika anda sedang hamil. Hal ini sangat tidak dianjurkan saat anda sedang menjalani proses kehamilan. Para peneliti sudah membutikannya bahwa berendam air panas terlalu sering mampu meningkatkan resiko keguguran. Anda dapat melakukannya saat 3 bulan awal.

12. Konsumsi obat tanpa anjuran dokter

bumil dan dokter

Benda-benda yang mengandung banyak kimia perlu anda hindari. Saat masa kehamilan banyak dari anda yang mungkin akan terserang penyakit. Contoh penyakitnya adalah seperti flu dan demam. Apabila anda mengalami penyakit ini selama kehamilan anda dapat meminta rekomendasi dari dokter mengenai obat atau multivitamin yang dapat anda gunakan.

Ada beberapa jenis obat yang memang dibuat untuk ibu hamil. Obat ini sangat aman apabila di konsumsi oleh ibu hamil. Tidak akan menganggu jalannya perkembangan janin pada perut. Akan tetapi banyak juga obat yang sangat tidak aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Efeknya akan berakibat kepada janin yang sedang dikandung.

13. Menggunakan sepatu hak tinggi

bumil dan sepatu hak tinggi

Mungkin sebagian dari anda mempunyai kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi. Akan tetapi apabila anda menggunakannya selama masa kehamilan ini akan menyebabkan otot yang terdapat pada pinggang mengalami peregangan. Apabila hal itu terjadi maka tubuh akan mengalami perubahan sumbu. Tubuh akan lebih condong ke arah depan.

14. Memakai obat anti nyamuk

bumil dan obat nyamuk

Sudah menjadi kebiasaan saat tidur  anda akan menggunakan obat nyamuk. Pasalnya saat tidur nyamuk akan bebas berkeliaran. Akan tetapi apabila anda sedang hamil, anda tidak boleh menggunakannya. Obat nyamuk mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya dan dapat menimbulkan banyak sekali efek samping saat anda sedang menjalani kehamilan. Beberapa pantangan tersebut harus anda patuhi dan hindari. Dengan mengetahuinya maka anda akan menjadi ibu hamil yang sehat. Begitu juga dengan bayi anda, tumbuh kembangnya akan lancar dan akan menjadi bayi yang sehat. Dengan mengetahui semua pantangan untuk ibu hamil maka anda akan merasakan efek yang baik untuk anda baik dalam jangka panjang atau pendek.

Baca juga