KehamilanTips SehatWanita

15 Tips Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

2 Juni 2019

Kesehatan adalah sebuah berkah yang tentunya tak ternilai harganya. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang terus menjaga kesehatan. Khususnya bagi wanita yang sedang mengalami proses kehamilan. Wanita tidak hanya menjaga kesehatannya akan tetapi juga kesehatan janin. Karenanya, penting sekali untuk mengetahui tips kesehatan bumil bagi para calon ibu di dunia.

tips kesehatan ibu hamil
tips kesehatan ibu hamil

Terlebih apabila anda adalah seorang wanita yang belum pernah hamil. Dengan kata lain, ini merupakan kehamilan anda yang pertama. Tentunya anda belum mempunyai pengalaman yang begitu banyak mengenai kehamilan. Mulai dari apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh. Hal ini agar kesehatan anda tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips menjaga kehamilan ibu hamil.

Beberapa Tips Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan merupakan hal yang paling penting. Kesehatan bumil dapat mencerminkan kesehatan janin. Oleh sebab itu penting sekali bagi para bumil untuk terus selalu menjaga kesehatan. Ada banyak sekali cara dan tips agar kesehatan dapat terjaga selama masa kehamilan. Sebagai seorang ibu yang sedang hamil, simaklah beberapa penjelasan mengenai tips-tips nya.

1. Rutin check up

periksa kandungan bersama dokter
periksa kandungan bersama dokter

Saat masa kehamilan berlangsung, anda perlu mempunyai atau kenal dengan seorang dokter yang dapat mengawasi kehamilan anda. Hal ini agar dokter mampu mengetahui tumbuh kembang janin yang sedang tumbuh di dalam perut anda. Mengetahui proses tumbuh kembang janin sangatlah penting, agar janin tetap dalam kondisi yang sehat  dan baik.

2. Mengatur pola makan

makanan sehat bumil
makanan sehat bumil

Di zaman yang modern ini tentu saja pola makan berantakan. Karena makanan pun sudah mulai berkembang. Seperti junkfood dan fastfood. Akan tetapi, apabila anda sedang hamil, anda perlu mengatur pola makan anda. Teruslah untuk selalu makan makanan sehat yang bernutrisi dan baik untuk perkembangan janin yang ada di dalam perut anda.

3. Olahraga

bumil yang berolahraga
bumil yang berolahraga

Anda jangan salah paham bahwa saat hamil anda tidak boleh berolahraga. Justru, saat sedang menjalani proses kehamilan, anda perlu rutin berolahraga. Hanya saja, yang dilarang adalah olahraga extreme seperti push up, sit up, dan lainnya. Anda dapat mencari di berbagai platform mengenai tutorial olahraga untuk bumil. Akan ada banyak sekali hasilnya.

4. Disiplin dengan dokter

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya bahwa saat hamil anda memperlukan dokter. Dokter akan memberikan anda berbagai rekomendasi mengenai hal-hal apa saja yang boleh anda lakukan. Dalam masalah ini anda perlu menuruti anjuran tersebut. Karena bagaimana pun juga anjuran tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan juga bayi.

5. Konsumsi sayur dan buah

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan ibu adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berupa sayur dan buah. Kandungan yang terdapat di dalam sayur dan buah sangat bermanfaat untuk perkembangan janin. Hal ini juga mempengaruhi kesehatan bumil yang tentunya sedang mengandung. Dengan rutin mengkonsumsinya maka anda akan sehat.

6. Larangan merokok

bumil dilarang merokok
bumil dilarang merokok

Sebagian dari anda yang merupakan ibu hamil mungkin ada yang perokok aktif. Meskipun perokok lelaki lebih sering terlihat, akan tetapi bukan berarti bahwa perokok wanita tidak ada. Terlebih apabila wanita tersebut sedang hamil. Anda sangat dilarang keras untuk merokok. Jangan lupa untuk selalu menghindari asap rokok. Hindarilah area orang yang merokok.

7. Larangan konsumsi sembarang obat

Saat anda hamil anda mungkin akan terserang penyakit. Penyakit seperti flu dan demam. Akan tetapi berbeda ketika anda sedang tidak hamil, hindarilah mengkonsumsi sembarang obat. Ketika saat hamil anda mulai merasa bahwa tubuh anda lemas dan mudah sakit, maka anda dapat minta multivitamin atau obat yang direkomendasikan langsung oleh dokter anda.

8. Up date info kehamilan

Saat anda sedang menjalani proses kehamilan akan ada banyak sekali  informasi penting yang ada. Anda dapat menemukan informasi tersebut di internet ataupun di buku. Oleh sebab itu setiap harinya anda perlu update dan selalu searching mengenai informasi kehamilan. Kalau bisa, setiap harinya anda bisa membawa buku kehamilan sebagai guide anda.

9. Mengajak pasangan hidup sehat

pasangan bumil yang saling mendukung
pasangan bumil yang saling mendukung

Saat proses kehamilan sebenarnya bukan hanya wanita saja yang menjalaninya akan tetapi suami pun akan tetap merasakannya. Seperti apabila sang istri sedang mengidam sesuatu tentulah suami yang kerepotan mencari. Oleh sebab itu tidak hanya sang istri saja yang menjaga kesehatan, akan tetapi suami juga tetap harus menjaga kesehatannya dan keluarga.

10. Sharing info kehamilan

Akan sangat lebih mudah apabila anda yang sedang hamil mempunyai teman yang sedang hamil pula. Tentunya anda akan sharing informasi mengenai kehamilan anda. Mulai dari berkeluh kesah hingga tips-tips nya. Dari sini lah anda akan menemukan banyak informasi. Hanya saja perlu diingat bahwa semua informasi yang anda harus anda filter terlebih dahulu.

11. Hindari kontak fisik dengan bahan kimia

Tanpa anda sadari, banyak sekali bahan kimia yang ada di sekitar anda. Padahal, saat menjalani proses kehamilan, anda perlu mengetahui bahwa anda tidak boleh terlalu sering bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Salah satu contohnya adalah pembersih lantai, pembersih wc dan cairan yang beraroma keras. Oleh sebab itu anda perlu menghindarinya.

12. Kesehatan mulut dan gigi

Salah satu yang menjadi media tertularnya virus anda dengan janin adalah mulut. Apabila kondisi mulut dan gigi anda tidak baik maka akan memungkinkan bahwa janin yang ada pada perut anda pun tertular virus yang berbahaya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda adalah dengan rutin menggosok gigi dan membersihkan lidah anda.

13. Update info mengenai kehamilan dengan dokter

Saat akan berkonsultasi atau check up dengan dokter kandungan, anda perlu menceritakan semua riwayat kesehatan anda. Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa dokter kandungan akan terus selalu berusaha memantau kondisi anda dan juga janin yang ada di perut anda. Oleh sebab itu ketika akan bertemu dengan dokter cobalah untuk bercerita.

14. Mengenal alergi

alergi pada bumil
alergi pada bumil

Anda harus mengetahui alergi obat atau makanan apa yang anda punya. Ini akan mempengaruhi rekomendasi apa saja yang harus anda lakukan dari dokter. Apabila anda tidak menyebutkan alergi yang ada, padahal anda punya maka ini akan berakibat buruk untuk anda dan juga janin anda. oleh sebab itu anda perlu mengetahui kondisi tubuh anda sendiri.

15. Hindari hewan

Saat proses kehamilan anda perlu menghindari kontak fisik dengan hewan-hewan yang ada di sekitar anda. khususnya apabila hewan yang ada di sekitar anda tersebut adalah hewan liar yang belum di vaksin. Ini akan sangat berbahaya untuk anda dan janin. Menjalankan tips kesehatan ibu hamil sangatlah penting. Hal ini dikarenakan ibu hamil sangat sensitif terhadap sesuatu, terlebih janin. Dengan menjaga kesehatan maka bumil dan janin akan terus sehat. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan dengan baik.

Baca juga