KehamilanWanita

16 Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil

6 Juni 2019

Bagi pasangan yang baru saja menikah, kehamilan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Bagi pasangan yang baru saja menikah, tentunya bingung mengenai ciri fisik wanita hamil atau tanda-tanda kehamilan. Hal ini dikarenakan pasangan baru tidak punya pengalaman Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri apabila anda atau istri anda sedang hamil.

ciri ciri wanita hamil

Salah satu yang menjadi ciri utama kehamilan adalah telat menstruasi. Akan tetapi ada beberapa tanda kehamilan sebelum terjadinya telat menstruasi tersebut. Tanda-tanda atau gejala ini lah yang semestinya anda pahami. Karena menghadapi kehamilan membutuhkan persiapan mental dan lainnnya. Lebih jelasnya, simaklah beberapa penjelasan berikut ini mengenai gejala kehamilan.

Ciri Fisik Wanita Hamil

Ada beberapa gejala dan tanda kehamilan yang perlu anda ketahui. Frekuensi terjadinya gejala ini sangatlah sering. Dan anda juga perlu mengetahui bahwa gejala atau tanda kehamilan biasanya dan memang pada umumnya terjadi sebelum anda telat menstruasi. Agar anda lebih siap menghadapi kehamilan, berikut adalah beberapa ciri beserta penjelasannya mengenai ciri wanita sedang hamil.

1. Perubahan payudara

perubahan ukuran payudara

Seperti yang anda ketahui bahwa saat proses kehamilan sistem hormon akan tidak stabil. Ketidak stabilan hormon ini merupakan salah satu faktor yang membuat perubahan pada bentuk payudara. Saat masa kehamilan terjadi, payudara akan terkesan lebih padat, kencang, dan sensitif. Sementara puting terlihat lebih menonjol dan berwarna gelap.

2. Kedutan pada perut bawah

perubahan ukuran perut

Tanda lain kalau anda sedang hamil adalah bagian bawah perut anda akan sering mengalami kedutan. Rasanya seperti perut anda sering ditarik atau dipukul dari dalam. Kasus ini terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan. Saat anda berbaring, anda akan merasakan bahwa tekanan kedutannya lebih terasa dan tentu saja lebih sakit. Hal ini sangat tidak nyaman.

3. Perut membengkak

Perut anda akan membengkak ketika anda sedang menjalani proses kehamilan. Pembengkakan perut terjadi akibat hormon prostegeron sedang terbentuk untuk persiapan proses kehamilan. Akan tetapi and juga perlu waspada bahwa pembengkakan perut bisa terjadi akibat adanya kesalahan atau gangguan pada organ yang ada di dalam tubuh.

4. Rasa logam

mual rasa mual

Seperti yang anda ketahui bahwa saat proses kehamilan, sistem hormon yang ada didalam tubuh akan tidak stabil. Ketidak stabilan hormon ini mengakibatkan banyak sebab. Salah satunya adalah mulut akan terasa lebih asam daripada biasanya. Apabila asamnya terlalu berlebihan maka anda akan terus merasa seperti ingin muntah. Anda akan merasa kenyang.

5. Perut kembung

Saat proses kehamilan, tubuh akan gampang sekali masuk angin. Angin masuk melalui bagian bawah tulang rusuk. Gejala ini terjadi pada minggu pertama. Anda tidak usah heran apabila melihat ibu hamil yang selalu bersendawa atau mengeluarkan gas. Akan tetapi apabila didalam tubuh lebih banyak angin maka kemungkinan anda hanya masuk angin.

6. Keputihan

hal baru pada vagina

Saat sebelum proses kehamilan wanita juga sering mengalami keputihan. Akan tetapi saat hamil frekuensinya akan semakin meningkat. Keputihan yang disebabkan oleh jamur dapat terjadi akibat faktor ketidakstabilan hormon tersebut. Bentuk keputihan yang ada dari ibu hamil tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu cair. Bentuk keputihan tersebut adalah normal.

7. Lendir pada vagina lebih banyak

Saat anda mengalami kehamilan maka hormon progesteron bekerja lebih ekstra. Hal ini mengakibatkan vagina anda mengeluarkan banyak cairan atau lendir. Bentuk lendir lebih tebal, licin, dan berwarna putih kecoklatan. Keputihan ini memilki bau yang khas, dan itu merupakan hal yang normal. Akan tetapi jika baunya berlebihan anda perlu periksa ke dokter.

8. Mengeluarkan flek hitam

Saat minggu awal pertama kehamilan, anda akan sering mengalami pendarahan kecil. Tidak jarang orang yang mengartikan bahwa itu merupakan menstruasi. Keluarnya flek hitam pada vagina adalah dikarenakan oleh luruhnya sisa-sisa pembuluh darah yang ada pada rahim. Perlu ditekankan dan  perlu anda ingat bahwa ini bukanlah tanda menstruasi.

9. Badan pegal

badan pegal

Badan anda akan terasa lemas dan begitu pegal pada saat masa minggu pertama kehamilan. Kondisi yang dialami ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon progesteron yang ada di dalam tubuh. Karena hormon ini banyak maka  bagian otot waniita akan mengelami penegangan. Penegangan ini lah yang membuat banyak wanita merasa badannya pegal.

10. Kram perut

Pada perut bagian bawah anda akan sering merasakan bahwa perut anda kram. Rasanya seperti anda akan mengalami menstruasi. Akan tetapi menstruasi tak kunjung datang. Justru, anda akan mengalami rasa kram perut ini secara terus menerus. Kram yang dirasakan diakibatkan oleh tubuh yang sedang mempersiapkan rahim untuk tumbuhnya janin.

11. Diare

sakit perut

Selama proses kehamilan sistem pencernaan anda tidak stabil. Diare saat kehamilan disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam usus, sehingga terlihat lebih cair dan tinja akan lebih lunak. Diare juga disebabkan oleh perubahan hormon yang sangat drastis sehingga muncul penyakit diare. Akan tetapi diare bukanlah satu-satunya tanda kehamilan.

12. Mual dan muntah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa perubahan hormon mengakibatkan ketidakstabilan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan hormon esterogen pada wanita menurun saat sedang hamil. Kadar asam lambung pun akan meningkat. Dan kondisi inilah yang menyebabkan wanita kerap merasakan mual dan muntah setiap harinya.

13. Nafsu makan hilang

nafsu makan berkurang

Salah satu ciri bahwa orang sedang hamil adalah hilangnya nafsu makan. Akibat mulu yang terlalu asam dan sering mengalami muntah ini akan membuat anda tidak merasakan lapar. Selain itu kadar asam lambung pun sangat tinggi. Faktor yang ketiga adalah perubahan asam di mulut. Lidah  akan merasakan rasa yang lebih asam pada umumnya saat kehamilan.

14. Rasa terbakar pada dada

Saat anda mengalami proses kehamilan, dada anda akan terasa seperti terbakar. Perasaan seperti terbakar ini anda dapat rasakan sampai ke kerongkongan. Kondisi yang telah disebutkan ini lebih dikenal dengan istilah heatburn. Heatburn diakibatkan oleh penurunan kadar estrogen dalam tubuh yang menutup katup otot valve yang membatasi lambung.

15. Konstipasi atau Sembelit

Kondisi ini merupakan sebuah kejadin yang menyebabkan pencernaan tidak berjalan dengan sangat lancar. Dalam kasus ini, saat akan mengeluarkan tinja, tinja akan memiliki tekstur yang sangat keras. Ditambah lagi, anda akan sangat kesusahan mengeluarkannya. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang sulit buang air besar.

16. Sering buang air kecil

Salah satu penyebab yang menyebabkan sering buang air kecil adalah karena uterus yang mengembang. Uterus yang mengembang diakibatkan oleh terjadinya proses pembesaran ukuran rahim. Sehingga pembesaran tersebut menekan kandung kemih. Beberapa gejala tersebut peru anda perhatikan baik-baik. Anda harus aware mengenai ciri fisik wanita hamil. Namun, perlu anda ketahui bahwa beberapa gejala bukan berarti menandakan anda hamil. Contohnya adalah diare, apabila anda terkena diare akan tetapi tidak terlambat menstruasi berarti anda tidak hamil.

Baca juga