KehamilanNutrisiTips SehatWanita

16 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

4 Juni 2019

Mungkin anda pernah mendengar istilah ‘you are what you eat’. Hal ini sebenarnya sangatlah masuk akal. Karena apa yang anda masukkan ke dalam tubuh anda, akan membentuk tubuh anda juga. Apabila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka tubuh akan sehat. Terlebih untuk bumil. Sangat penting untuk terus mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan ibu hamil setiap harinya.

makanan sehat untuk ibu hamil

Seperti yang anda ketahui bahwa sangat sulit untuk mencari makanan sehat di zaman yang sudah modern ini. Terlalu banyak makanan yang di modifikasi oleh para ahli, baik itu makanan buatan ataupun makanan yang ada di restoran. Oleh sebab itu, saat menjalani proses kehamilan, seorang ibu yang sedang hami perlu menjaga dan terus mengatur pola makannya setiap harinya.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan yang paling sehat adalah makanan yang anda buat sendiri. Anda lah yang melakukan proses masaknya, anda juga pula yang memilih bahan makanan tersebut. Apabila anda membeli jadi, anda tidak pernah tau bagaimana proses masak dan bahan yang digunakan. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang sehat  khusus untuk ibu yang sedang hamil.

1. Kacang merah

kacang merah

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang paling baik untuk dikonsumsi saat masa kehamilan. Kandungan yang ada di dalamnya yaitu antikosidan, protein dan zat besi merupakan nutrisi yang dibutuhkan ibu saat masa kehamilan berlangsung. Dapat meningkatkan volume darah sang ibu dan juga baik untuk tumbuh kembang janin.

2. Daging merah matang

daging merah matang

Makanan rekomendasi selanjutnya adalah daging merah. Daging merah dapat anda dapatkan dari daging sapi. Proses pengolahannya harus sampai matang agar anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat. Kandungan dari daging merah adalah protein dan zat besi. Sangat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun sang ibu yang sedang hamil bayi.

3. Sereal

sereal

Saat masa kehamilan berlangsung, ibu yang sedang hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Salah satu makanan yang mengandung banyak serat adalah cereal. Sereal berbahan dasar gandum. Serat yang terdapat dalam cereal dipercaya mampu untuk mengatasi ambeien dan konstipasi saat masa atau proses kehamilan.

4. Daging ayam

daging ayam

Selain daging merah atau daging sapi, anda juga dapat mengkonsumsi daging ayam saat proses kehamilan berlangsung. Kandungan yang terdapat pada daging ayam adalah vitamin B yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Perlu anda ingat bahwa bagian ayam yang paling sehat adalah dadanya. Karena dada tidak mempunyai leamak dan sangat kaya serat.

5. Salmon

salmon

Daging ikan juga merupakan sumber protein yang baik. Salah satu rekomendasi ikan yang baik untuk dikonsumsi saat proses kehamilan adalah salmon. Kandungan yang dimiliki oleh salmon adalah asam lemak omega 3 dan juga protein. Keduanya sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi jangan anda konsumsi salmon mentah karena tidak sehat.

6. Telur

telur

Telur sangat kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan yang ada pada telur adalah protein dan lemak. Saat masa tumbuh janin, janin membutuhkan protein yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin tersebut. Salah satunya adalah pertumbuhan sel otak pada janin. Oleh sebab itu rutin mengkonsumsi telur merupakan hal yang sangat baik.

7. Kacang tanah

kacang tanah

Selain kacang merah, kacang tanah juga mampu untuk menjadi rekomendasi makanan sehat  khusus untuk bumil. Akan tetapi bagi anda yang punya alergi maka sebaiknya tidak usah mengkonsumsinya. Kacang tanah merupakan salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada.

8. Buah jeruk

buah jeruk

Saat hamil, anda perlu rutin mengkonsumsi buah. Salah satu rekomendasi buah yang dapat anda konsumsi saat hamil adalah jeruk. Seperti yang anda ketahui bahwa jeruk adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C, asam folat, pottasium, dan kalsium. Kalsium yang ada pada jeruk dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah pada ibu yang sedang hamil.

9. Bayam

bayam

Sayuran lain yang dapat anda konsumsi adalah bayam. Kandungan asam folat pada bayam merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas proses perkembangan janin. Selain itu saat anda akan menyusui nanti kandungan yang ada pada bayam akan sangat membantu anda. Ditambah lagi bayam meningkatkan kualitas ASI ibu.

10. Keju

keju

Makanan lain yang dapat anda konsumsi saat hamil adalah keju. Keju mempunyai banyak sekali asam folat. Seperti yang anda ketahui bahwa asam folat merupakan nutrisi yang dapat sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat memilih keju yang akan anda beli, maka sebaiknya anda memilih keju yang mempunyai nilai lemak rendah.

11. Yoghurt

yoghurt

Produk yang satu ini dapat anda jumpai di one stop shopping manapun. Kandungan yang dimilikinya adalah protein dan juga kalsium. Kalsium sangat bermanfaat bagi tumbuh dan kembang janin. Apabila kebutuhan kalsium janin tidak terpenuhi maka tubuh akan menyerap kalsium dari gigi dan tulang anda. Dengan  mengkonsumsi yoghurt maka akan baik.

12. Susu sapi

susu

Produk yang berasal dari susu lainnya adalah susu sapi. Susu sapi juga merupakan minuman yang mengandung banyak sekali kalsium dan vitamin D. Keduanya sangatlah baik untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi dan tulang pada janin. Apabila asupan kalsium bagi bayi kurang maka besar kemungkinan ketika bayi lahir maka beratnya akan sangat ringan.

13. Asparagus

asparagus

Makanan sehat lainnya adalah asparagus. Makanan ini mempunyai kalori yang rendah, tentunya bagus dan baik sekali untuk kesehatan. Kandungan yang ada didalamnya yaitu asam folat, mineral, dan serat. Ketiganya sangat baik untuk menjaga kesehatan baik untuk janin yang ada di dalam perut maupun untuk ibu yang sedang mengandung janin.

14. Pisang

pisang

Buah lain yang dapat anda konsumsi ketika anda sedang hamil adalah pisang. Pisang sangat kaya akan pottasium dan serat. Pottasium yang ada pada pisang dipercaya mampu untuk menjaga keseimbangan elektrolit pada sel tubuh dan juga dengan cairan yang ada dalam tubuh. Salah satu  penyebab kekurangan pottasium adalah ketika anda merasa keram.

15. Beras merah

beras merah

Berbeda dengan beras putih, beras yang satu ini mempunyai kalori yang lebih rendah. Kandungan yang ada di dalam beras merah adalah magnesium, phosporus, serat, vitamin B, dan juga selenium. Semua nutrisi tersebut mampu untuk menggantikan energi yang sudah terpakai. Selain itu beras merah juga dipercaya mampu untuk menjaga kadar gula darah.

16. Alpukat

avocado

Kandungan yang ada pada alpukat adalah serat, antioksidan, asam folat, pottasium, vitamin C, dan vitamin B6. Semuanya adalah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan juga janin.

Penting sekali bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Hal ini tentunya agar bayi yang lahir nantinya akan sehat. Tidak hanya bayinya saja akan tetapi ibu yang sedang mengandung pun dapat sehat juga.

Baca juga