KeluargaTips Sehat

Beberapa Hal Pola Hidup Sehat yang Berdampak Baik

19 Juni 2019

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentu anda harus menerapkan pola hidup sehat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja tetapi juga bisa diterapkan mulai dari anak – anak. Sebagian orang menganggap untuk memiliki tubuh yang sehat hanya bermodalkan makan dan istirahat yang cukup. Tapi itu saja masih kurang, anda beberapa hal yang perlu ditambahkan dalam kegiatan.

langkah sederhana untuk menjalankan pola hidup sehat

Memiliki tubuh yang sehat sudah menjadi banyak keinginan orang. Dengan tubuh yang sehat akan membuat anda lebih nyaman beraktivitas dan juga bisa melakukan hal yang lebih banyak dari biasanya. Bahkan orang yang bergelimang harta pun belum tentu memiliki tubuh yang sehat. Selain menjaga pola makan dan tidur, ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam tubuh yang sehat.

Langkah Sederhana untuk Menjalankan Pola Hidup Sehat

1. Bijak dalam memilih makanan

memilih makanan

Dalam beraktivitas sehari  – hari seperti bekerja dan sekolah tentu membutuhkan energi. Hal tersebut bisa anda dapatkan dari makanan dan minuman yang anda konsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk bagi anda untuk memperhatikan berbagai jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya energi, tetapi juga sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam asupannya, anda harus memperhatikan berbagai macam kandungan gizi. Setidaknya, dalam makanan yang anda konsumsi mengandung karbohidrat, lemak baik, protein dan serat. Selain itu juga jangan bergantung hanya kepada satu  makanan saja. Hal ini dilakukan supaya anda tidak jenuh dan bosan. Anda bisa mengganti nasi menjadi ubi dan jagung sebagai sumber karbohidrat.

Disarankan juga anda membuat makanan sendiri saja, dari mulai sarapan hingga makan malam untuk membuat merasa aman jika harus beli di luar.

2. Hindari cemas atau stres

hindari cemas atau stres

Tidak hanya hal – hal yang berat, tetapi hal sederhana pun bisa membuat anda stres. Sebut saja macet di jalan, banyaknya tugas atau pekerjaan, masalah asmara, dan juga dari segi finansial. Hal seperti stres dan cemas harus anda hindari, karena secara otomatis sistem dalam tubuh akan merespon hal tersebut dengan berbeda setiap keadaan. Sebisa mungkin untuk menghindari bahkan menghilangkan.

Khususnya stres yang kronis dapat mengganggu kesehatan anda. Untuk menghindarinya, anda bisa melakukan beberapa senam kecil yang bisa dilakukan sambil duduk, atau berhenti mengerjakan tugas atau pekerjaan sementara. Anda juga bisa berlatih ke tempat yang lebih sepi dan banyak tanaman untuk mendapatkan udara segar. Buatlah diri anda menjadi rileks di samping sibuknya aktivitas.

3. Olahraga secara rutin

rutin olahraga

Olahraga sudah menjadi hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan sudah diketahui banyak orang. Dengan banyak gerak, tubuh anda akan membakar kalori yang ada dalam tubuh, dan juga membuang kotoran, contohnya keringat. Dengan begitu, oksigen akan mudah disebarkan dalam tubuh oleh darah tanpa hambatan dan juga membuat tubuh sehat tentunya.

Olahraga tidak harus ke gym atau menggunakan alat yang mewah. Dengan olahraga yang sederhana saja bisa berguna bagi tubuh anda. Untuk langkah awal, anda bisa melakukan jalan cepat atau jogging di sekitaran rumah. Jangan ragu untuk bersepeda atau berenang untuk melakukannya. Bagi yang sibuk di kantor, anda bisa mulai dengan lebih sering menggunakan tangga setelah dan sesudah makan.

4. Kurangi konsumsi gula

gula

Hal ini akan sulit dilakukan khususnya bagi pencinta makanan manis, khususnya desert. Memang makanan ini sangat menggoda untuk dimakan, tetapi mulai sekarang anda harus mengurangi takaran pengkonsumsiannya. Bukan tanpa alasan jika makanan ini bisa menimbulkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes. Akan sangat mudah penyakit lain masuk jika anda sudah dalam kondisi seperti ini.

Tidak perlu melakukan hal seperti berhenti total secara mendadak, anda bisa mulai dengan mengurangi takaran yang biasa di konsumsi setiap hari. Contohnya mengurangi penggunaan gula dan dalam teh dan kopi. Dan jika ingin membeli minuman kemasan, anda bisa memilih yang mengandung buah. Walaupun bukan buah asli setidaknya tidak semanis minuman lain yang mengandung sakarin.

Jika ingin lebih mengurangi tetapi ingin tetap yang manis, anda bisa mengkonsumsi jus dengan penggunaan gula yang tidak terlalu banyak.

5. Perbanyak minum air putih

air putih

Di dalam tubuh manusia, setidaknya mengandung 80 persen air. Sehingga bisa dikatakan tubuh akan sangat membutuhkan cairan untuk mengganti yang sudah keluar dari tubuh dan menjadi kotoran, seperti keringat dan urine. Untuk menggantinya, anda bisa perbanyak konsumsi air putih setiap hari. Walaupun minuman isotonik juga bagus, tetapi lebih bagus jika mengkonsumsi air putih.

Dari air putih juga anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga memberikan tambahan oksigen pada tubuh, dan juga melumasi sendi supaya tidak menyebabkan nyeri. Dengan air putih juga anda bisa mendapatkan kecantikan kulit yang alami karena bisa membantu pembaharuan sel, dan juga bisa menjaga suhu tubuh di berbagai cuaca tentunya.

6. Tidur yang cukup

tidur yang cukup

Akan berakhir sia – saja apabila nutrisi baik yang di dapat dalam tubuh dan olahraga teratur tapi masih kurang dalam hal istirahat. Sebuah riset mengatakan bahwa tidur yang cukup menjadi pondasi dalam menjalani pola hidup yang sehat. Dengan tidur yang teratur juga bisa menjadi gerbang awal dalam menciptakan tubuh dan pikiran yang sehat. Tidur yang cukup akan membuat tubuh anda lebih segar.

Tidak hanya untuk sisi kesegaran saja, tetapi pola tidur yang teratur bisa mengatur pola makan yang baik dan juga membuat suasana hati lebih bagus. Tidak ketinggalan juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, setidaknya 7 sampai 8 jam dalam sehari adalah waktu yang ideal untuk tidur malam hari.

7. Menciptakan lingkungan yang sehat

lingkungan sehat

Selain dari dalam tubuh dan melakukan hal yang baik bagi tubuh, memiliki kondisi lingkungan yang sehat juga akan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Sebaliknya, jika lingkungan tidak sehat juga akan menimbulkan berbagai penyakit dan jauh dari kata sehat. Hal ini bisa anda lakukan dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang sehat bagi tubuh dan juga orang lain.

Selalu mengingat hal – hal positif yang bisa anda dapatkan dari lingkungan yang sehat. Membuang sampah pada tempatnya dan juga membuang barang – barang yang tidak berguna juga bisa membantu, karena bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan juga sumber penyakit.

Dari sulitnya menjalankan pola hidup yang sehat, tentu anda akan mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya untuk tubuh anda sendiri, tetapi juga orang – orang di sekitar anda. Dengan begitu, anda lebih bisa menjalankan kegiatan sesulit apapun dan juga akan terasa ringan untuk melakukan hal – hal yang berat. Selain itu juga anda bisa terhindar dari gejala dan juga penyakit yang mengancam.

Baca juga