KeluargaTips Sehat

Cara Daftar BPJS Online

4 Juli 2019
cara daftar BPJS online

Seiring berkembangnya teknologi, pendaftaran BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara offline dan online. Cara daftar BPJS online dapat dilakukan secara mandiri di mana pun asalkan ada laptop atau komputer dan jaringan internet. Pendaftaran secara offline harus datang ke kantor cabang BPJS terdekat.  

Setiap orang pasti ingin selalu sehat. Apalagi, biaya kesehatan kini semakin meningkat setiap tahunnya. Tak heran jika kesehatan menjadi harta yang paling berharga untuk dirawat dengan baik. Namun, tidak ada salahnya jika seseorang itu memiliki kartu kesehatan seperti BPJS. Banyak keuntungan yang akan Anda peroleh, terutama saat Anda sakit dan dirawat di Rumah Sakit.  

Kartu Indonesia Sehat BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Online

1. Menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan

Berkas yang disiapkan antara lain KTP, kartu keluarga, kartu NPWP dan nomor rekening untuk melakukan pembayaran BPJS setiap bulan. Anda dianjurkan untuk memiliki rekening dengan bank yang ditunjuk BPJS kesehatan seperti BRI, BNI dan Mandiri. Selain itu, Anda siapkan foto berwarna ukuran 3×4 dan menyiapkan alamat email dan nomor HP aktif. 

2. Kunjungi situs resmi BPJS, lalu klik menu pendaftaran

3. Muncul tampilan halaman utama yang berisi syarat-syarat pendaftaran BPJS kesehatan 

halaman pendaftaran BPJS online

Syarat-syarat mendaftar BPJS secara online antara lain adalah sebagai berikut:

  • Calon pendaftar sudah cukup umur 
  • Anda wajib mengisi formulir, data yang dimasukkan harus benar dan bisa dipertanggungjawabkan. 
  • Anda dan keluarga wajib mendaftar menjadi peserta program BPJS kesehatan. 
  • Anda wajib membayar iuran setiap bulan maksimal tanggal 10 
  • Anda wajib melapor kepada  BPJS kesehatan saat terjadi perubahan status data maupun jumlah anggota keluarganya. Perubahan data tersebut misalnya perubahan pilihan fasilitas kesehatan dan penambahan atau pengurangan jumlah keluarga. 
  • Anda wajib memastikan bahwa kartu BPJS kesehatan Anda beserta keluarga agar tidak rusak, hilang dan terhindar dari penyalahgunaan oleh orang lain yang tidak memiliki wewenang. 
  • Anda harus bersedia melapor kepada pihak BPJS kesehatan apabila Anda kehilangan atau terjadi kerusakan pada kartu BPJS.  
  • Anda harus membayar iuran setelah 14 hari setelah menyetujui syarat dan ketentuan berlaku. Pembayaran paling lambat 1 bulan setelah Anda mendapatkan virtual account. Tujuannya agar Anda mendapatkan hak dan manfaat sesuai program yang Anda pilih. 
  • Proses pendaftaran diulang apabila:
    1. Anda tidak membayar setoran pertama lebih dari 1 bulan berlaku saat Anda menerima virtual account
    2. Terjadi perubahan data setelah 14 hari, berlaku sejak menerima virtual account dan Anda belum membayar setoran pertama. 
  • Menyetujui syarat dan ketentuan berlaku, lalu mencetak kartu peserta BPJS kesehatan 
  • Anda dapat mengajukan perubahan data saat terjadi perubahan susunan keluarga. 

4. Anda menuju ke halaman persetujuan pendaftaran 

5. Menuju ke halaman kesertaan keluarga

6. Mengisi formulir pendaftaran BPJS kesehatan dan mengupload berkas-berkas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

7. Anda memperoleh virtual account untuk pembayaran 

8. Mencetak e-ID atau pergi ke kantor BPJS kesehatan untuk mencetak kartu JKN, 

9. Anda resmi menjadi peserta BPJS kesehatan

BPJS online

Kelebihan Daftar BPJS secara Online 

  • Prosesnya mudah dan cepat
    Anda dapat melakukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja asalkan ada jaringan internet dan laptop atau komputer. Anda juga tidak perlu datang ke kantor BPJS dan mengantri panjang. 
  • Anda tinggal membuka website BPJS dan disana terdapat petunjuk pendaftaran secara online.  
  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Lebih praktis, efektif dan efisien
  • Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS setelah melakukan pembayaran untuk mencetak kartu JKN. Kartu tersebut menandakan bahwa Anda telah menjadi peserta BPJS secara resmi.
tips mendaftar BPJS online

Tips Mendaftar BPJS 

  • Pendaftaran BPJS dianjurkan pada awal bulan. Hal ini dikarenakan jika pendaftaran di akhir bulan maka pada awal bulan Anda harus membayar setoran. 
  • Pembayaran setoran paling lambat tanggal 10. Apabila Anda terlambat maka harus membayar denda sejumlah 2%.  
  • Pelayanan yang diberikan sama untuk semua kelas, yaitu kelas I, kelas II dan kelas III. Pelayanan tersebut meliputi jenis obat, kualitas obat dan penanganan medis.  
  • Pelayanan non medis antara kelas I, kelas II dan kelas III berbeda dalam hal ruang inap.  Pasien kelas I akan dirawat di ruang inap kelas I, begitu juga dengan kelas II akan dirawat di ruang inap II dan pasien kelas III dirawat di ruang inap kelas III. 
  • Anda dapat mengajukan ganti kelas rawat inap dengan syarat membayar biaya tambahan sesuai peraturan yang ditetapkan. 
kelebihan kekurangan BPJS

Kelebihan dan Kekurangan BPJS

Berikut ini adalah kelebihan mendaftar BPJS:

  1. Biaya murah 
    Biaya setoran yang harus dibayarkan setiap bulan terjangkau,  yaitu untuk kelas 1 Rp 80.000,- kelas 2 sebesar Rp. 51.000,- dan kelas 3 sebesar Rp 25.500,-. Dengan setoran yang terjangkau, Anda mendapatkan fasilitas kesehatan yang lengkap, meliputi perlindungan kesehatan, permeriksaan, rawat inap, pembedahan dan obat. 
  2. Semua masyarakat wajib mengikuti dan mendaftar program BPJS karena telah diatur dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah. 
  3. Prosedur pendaftaran mudah tanpa melakukan medical check up
    Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta yang membutuhkan biaya medical check up sebelum mendaftar. Pendaftaran BPJS tidak diperlukan medical check up terlebih dahulu. Semua usia bahkan bayi yang masih dalam kandungan pun dapat mendaftar BPJS.
  4. Memperoleh jaminan seumur hidup
  5. Tidak terdapat pengecualian, hal ini dikarenakan untuk mendaftar BPJS Anda tidak perlu memberikan informasi mengenai penyakit yang dialami calon pendaftar.  
  6. Mendapat fasilitas kesehatan rujukan berupa rawat jalan, rawat inap dan layanan jenazah apabila ada yang meninggal di Faskes
  7. Memberi pelayanan gawat darurat dan ambulans
  8. Faskes  tingkat pertama memberi pelayanan berupa pelayanan promotif, preventif dan kuratif baik oleh dokter umum maupun dokter gigi, rawat inap tingkat pertama dan pelayanan kebidanan beserta bayi yang baru lahir. 

Berikut ini adalah kekurangan mendaftar BPJS:

  1. Metode yang diterapkan berjenjang
    Pada kondisi normal, seseorang harus memeriksakan diri ke faskes 1, yaitu puskesmas atau klinik. Apabila di puskesma atau klinik fasilitasnya tidak memadai maka Anda akan diberi rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk dengan fasilitas lebih lengkap. 
  2. Pelayanan terbatas hanya untuk wilayah Indonesia
  3. Antri dalam mendapatkan pelayanan baik saat melakukan perubahan data, berobat di rumah sakit dan lain-lain.  
  4. Pada umumnya peserta BPJS memperoleh fasilitas kelas 3 meskipun telah terdaftar peserta BPJS kelas 1 maupun 2. 

Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menjadi peserta BPJS kesehatan. Apalagi, cara daftar BPJS semakin dipermudah. Kini, cara daftar BPJS online dianggap lebih efektif jika dibandingkan dengan mendaftar secara manual. Fasilitas yang diberikan pun sama, hanya cara daftarnya saja yang berbeda. 

Baca juga