KeluargaPenyakitTips Sehat

Cara Pencegahan Diabetes yang Bisa Dilakukan Sedini Mungkin

22 Juni 2019

Diabetes adalah penyakit kronis dimana penderitanya memiliki kadar gula yang tinggi atau diatas normal. Sehingga kandungan glukosa yang tinggi ini tidak bisa diserap oleh tubuh dan menimbulkan beberapa gangguan dalam tubuh. Apabila tidak dilakukan pencegahan diabetes dengan baik akan menimbulkan beberapa penyakit yang akan membahayakan penderitanya.

cara pencegahan diabetes sedini mungkin

Diabetes sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu diabetes, yang pertama ada diabetes melitus tipe 1 dimana penderitanya memiliki ketidakmampuan untuk memproduksi insulin di dalam tubuhnya. Pengobatannya bisa melakukan suntik insulin secara teratur. Lalu yang kedua ada diabetes melitus tipe 2, untuk tipe ini masih bisa memproduksi insulin namun tidak cukup untuk tubuh atau cacat.

Hal – Hal yang dapat Mencegah Diabetes

diabetes dan gula

1. Mengenali gejala diabetes

gejala diabetes

Gejala diabetes bisa ditandai dengan buang ai kecil yang terlalu sering. Hal ini disebabkan oleh proses kerja ginjal yang bekerja keras untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan dari gula darah melalui urin. Lalu yang kedua mudahnya haus akibat kerja ginjal yang lebih sehingga akan butuh banyak cairan. Cepat lapar juga menjadi gelajanya karena ini berkaitan dengan kandungan insulin dalam tubuh.

Berat badan tubuh yang drastis bisa menjadi pengaruhnya. Biasanya hal ini terjadi pada orang dewasa yang memiliki kandungan sumber tenaga lain yang tidak cukup.

2. Mengontrol pola makan

mengontrol pola makan

Mengatur pola makan bisa menjadi hal yang penting. Karena dengan begitu anda bisa melakukan perhitungan akan nutrisi butuh yang masuk dan juga menghindari yang tidak penting. Anda juga bisa membuat jadwal – jadwal makan dengan teratur dan kalori yang diciptakan oleh makanan anda. Perhatikan juga bagi yang memiliki keturunan diabetes karena akan sangat berpengaruh pada hal ini.

3. Olahraga yang teratur

Dengan lahraga yang teratur bisa membakar kalori yang ada dan juga melancarkan saluran di dalam tubuh, termasuk gula dan tekanan darah. Olahraga dengan rutin juga bisa membuat berat badan anda menjadi ideal dan meningkatkan sensitivitas pada insulin. Anda bisa membuat jadwal olahraga dengan membuat di hari – hari kosong anda dibalik sibuknya aktivitas setiap hari.

Tidak perlu waktu yang lama, sempatkan saja untuk berolahraga minimal 30 menit yang bisa dilakukan sebanyak 3 kali seminggu. Tidak masalah jika anda melakukannya lebih dari itu.

4. Menurunkan berat badan

berat badan

Hal ini berlaku jika anda memiliki berat badan yang berlebih. Tidak hanya untuk yang obesitas saja, berat badan yang lebih sedikit saja bisa mempengaruhi kandungan gula darah dalam tubuh anda. Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari diabetes. Untuk itu anda bisa melakukan olahraga yang teratur dan menjaga takaran makan setiap hari untuk menjaga berat badan dan kalori di tubuh.

5. Tidak lupa sarapan

sarapan untuk penderita diabetes

Tidak masalah jika anda hanya sarapan sepotong roti dan segelas susu, walau bagai manapun sarapan tetap penting dan harus dilakukan. Karena dengan sarapan pagi bisa membuat anda lebih terkontrol hawa nafsunya sehingga resiko terkena diabetes tidak terlalu besar. Dengan anda sarapan juga bisa membantu anda dalam hal mengatur kalori yang masuk.

Selain mencegah diabetes, sarapan juga bisa membuat anda lebih fokus dalam menjalani aktivitas dan juga meningkatkan suasana hati. Dengan sarapan juga bisa melindungi tubuh dari penyakit karena sudah terisi energi.

6. Menghindari makanan berlemak

makanan berlemak

Tidak hanya yang mengandung gula tinggi, nyatanya makanan berlemak bisa membuat anda terkena diabetes. Dijelaskan oleh para dokter, ternyata makanan yang berlemak mengandung lebih banyak asam lemak bebas yang dapat menghancurkan sel beta dalam tubuh. Sel beta ini sendiri merupakan menjadi mesin penghasil insulin dalam tubuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar darah dan gula.

Makanan berlemak bisa anda temukan pada junkfood dan juga gorengan. Bahkan, daging merah seperti daging sapi dan kambing masih memiliki lemak yang banyak dibanding daging putih seperti ayam dan ikan.

7. Banyak makan sayuran dan buah

sayuran dan buah

Tidak perlu diragukan lagi akan kandungan nutrisi pada sayuran. Walaupun dalam keadaan sehat pun anda tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran. Tidak ada batasan dalam mengkonsumsinya selama itu bervariasi. Selain sayuran, buah juga menjadi solusi untuk mengurangi peluang terkena diabetes. Cara ini juga penting dilakukan bagi yang sudah mengidap penyakit diabetes.

Bagi yang sudah terkena diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran pahit. Karena selain tidak mengandung gula, sayuran pahit juga mengandung charatin yang dapat menurunkan gula darah. Dan juga lectin yang dapat mengurangi glukosa dalam mengatur nafsu makan.

8. Tidak banyak pikiran atau stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres dengan tingkatan yang berbeda. Meskipun begitu, stres bisa menjadi gerbang awal terkena diabetes. Bagi anda yang mengalami stres dengan tingkatan yang tinggi dan teralu sering. Anda bisa lebih serin melakukan hal yang anda suka atau produktif dalam hal hobi. Anda juga bisa melakukan olahraga, tidak perlu lama cukup dalam jangka waktu stres anda saja.

Dengan kata lain banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari stres. Tidak hanya duduk dan berdiam diri, itu hanya membuat pikiran semakin rumit dan juga menimbulkan penyakit lain.

9. Tidur yang cukup

Tidak hanya untuk yang sudah positif menderita diabetes, pola tidur yang tidak benar juga bisa berpengaruh bagi yang tidak memiliki riwayat diabetes sama sekali. Kontrol gula dalam darah juga berpengaruh oleh perilaku setiap hari, tidak hanya dari kondisi psikologis dan genetik. Karena pola tidur sangat berpengaruh terhadap hormon – hormon yang dapat mengatur pola nafsu makan.

Perubahan pola tidur seperti jam tidur yang singkat juga bisa mempengaruhi gula darah dalam tubuh. Karena bisa menjadi hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi. Dengan pola tidur yang tidak sehat juga bisa menyebabkan gangguan pada pola makan yang bisa menyebabkan konsumsinya berlebihan. Disarakan untuk tidur cukup dalam sehari setidaknya 8 jam untuk takaran normal.

10. Batasi konsumsi minuman manis

minuman manis

Selain dari segi makanan, diates juga bisa berpengaruh dengan mengkonsumsi minuman yang manis. Karena minuman manis mengandung pemanis buatan yang tentunya rasa manisnya lebih  dibanding buah dan sayuran dan juga takarannya lebih banyak. Tidak hanya tidak baik untuk tubuh, tapi juga dapat meningkatkan kadar gula yang tinggi.

Tidak masala jika anda mengkonsumsi minuman manis, tetapi harus dalam hitungan normal. Anda bisa lebih sering mengkonsumsi air putih. Jika ingin yang manis, anda bisa mengkonsumsi jus dengan penggunaan gula yang sedikit

Selain beberapa hal diatas, diabetes bisa anda cegah dengan beberapa cara lain. Tetapi yang lebih penting adalah dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat dan juga sering beraktivitas fisik. Dengan begitu, glukosa yang terkandung dalam tubuh anda bisa di konversikan menjadi tenaga dan tidak menghambat saluran darah yang dapat menyebarkan nutrisi untuk tubuh.

Baca juga