NutrisiPenyakitTips Sehat

Makanan Sehat Pereda Flu Ampuh, Enak dan Mudah Dikonsumsi

17 Juni 2019

Flu merupakan gangguan pada sistem pernapasan. Flu adalah salah satu penyakit yang mudah menular. Sehingga harus segera ditangani dengan baik dan tepat. Penyebab flu sangat beragam, salah satunya makanan. Jika flu sudah menyerang, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan sehat pereda flu yang tepat.

makanan sehat pereda flu

Flu adalah infeksi virus yang menyerang tenggorokan, hidung dan paru-paru. Penderita flu akan disertai dengan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, batuk dan pilek. Flu dapat menyerang secara tiba-tiba, khususnya jika cuaca sedang tidak menentu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh adalah hal palingpenting untuk menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Makanan Sehat Pereda Flu yang Paling Ampuh

Cara mengatasi flu dapat dilakukan dengan menjaga pola makan. Asupan makanan yang sehat dapat menjauhkan diri dari penyakit dan virus. Karena makanan sehat mengandung nutrisi, dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat terjaga dari berbagai penyakit seperti flu, pilek, dan sebagainya.

Makanan yang sehat dan baik dikonsumsi untuk meredakan flu adalah sebagai berikut.

1. Buah Apel

buah apel

Buah Apel mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Satu buah apel sedang mengandung 4 gram serat makanan, sehingga dapat memenuhi 17 % kebutuhan serat harian manusia. Apel juga mampu memberikan 14 % kebutuhan vitamin C harian.

Apel bisa dijadikan sebagai minuman hangat untuk meredakan bersin, flu, sakit tenggorokan, demam dan rasa lelah saat flu. Anda juga dapat menyajikan apel dengan teh hijau atau teh hitam. Teh hijau adalah sumber antioksidan yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Dengan irisan apel dapat memberikan vitamin C dan aroma harum yang menenangkan dan menghangatkan tubuh.

2. Sup kembang kol

kembang kol

Kembang kol adalah sumber vitamin C yang cukup besar pada sayuran. Kembang kol juga mengandung mineral penting yaitu kalsium, kalium, mangan dn fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh. Kembang kol tidak mengandung kolesterol yang berbahaya sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Kolin dan fosfod didalamnya berfungsi untuk memperbaiki daya dan mencegah penyakit dalam tubuh.

Anda dapat mengolah kembang kol menjadi makanan yang lezat dan enak, seperti dijadikan sup kembang kol, salad kembang kol, dan juga capcai. Anda dapat mengolah kembang kol dengan tambahan bumbu rempah alami dan bermanfaat bagi tubuh.

3. Buah Pisang

pisang

Buah Pisang mengandung pottasium yang berfungsi untuk menenangkan pikiran dan membantu gejala susah tidur. Pisang mengandung vitamin B6, kalium dan magnesium yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Pisang juga mengandung triptofan yang dapat memicu produksi hormon serotonin pada otak.

Buah Pisang dapat dijadikan jus atau dapat dikonsumsi langsung. Anda dapat mengkonsumsi pisang setiap pagi untuk mencegah virus yang ingin menyerang tubuh. Anda juga dapat mengolah pisang menjadi salad buah yang enak dan lezat.

4. Ubi jalar

ubi jalar

Ubi jalar seringkali dianggap sepele. Namun ternyata ibu jalar mempunyai kandungan yang luar biasa. Ubi jalar mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Serta mengandung beta karoten, magnesium, kalium, dan antioksidan yang banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Ubi jalar dapat diolah menjadi makanan yang enak dan lezat. Ubi jalar bisa diolah menjadi kolak, dapat dikukus dan diberi tambahan susu atau keju, dan dijadikan berbagai olahan makanan lainya.

5. Buah Pepaya

pepaya

Pepaya sangat ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Pepaya juga dapat mengusir flu dan gejala influenza lainya dalam tubuh. Buah ini mempunyai kandungan beta karoten, vitamin C dan vitamin C yang tinggi serta mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Anda dapat menjadikan pepaya sebagai salad atau makanan cuci mulut sebelum makan. Pepaya juga dapat dijadikan jus yang sangat segar atau dimakan secara langsung. Bahkan pepaya dapat diolah dengan nutrijel dan menjadi agar-agar yang enak.

6. Jamur kancing

jamur kancing

Jamur kancing mempunyai bentuk bulat mirip kancing. Jamur ini dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan enak serta bermanfaat untuk melawan sel kanker. Jamur kancing mengandung vitamin B6, niacin, riboflavin, fosfor, folate, zat besi, zinc, pottasium, copperm magnesium, selenium, dan thiamin. Jamur ini juga mengandung serat tinggi sehingga dapat melawan virus influenza.

7. Susu

susu

Susu adalah minuman yang mengandung banyak protein, vitamin D dan kalsium. Susu juga mengandung kalium, fosfor, vitamin A, seng dan magnesium sehingga susu masuk dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna. Susu juga dapat membantu meredakan flu dan mengatasi kesulitan tidur.

8. Sup ayam

sup ayam

Sup ayam adalah makanan yang digemari anak-anak. Sup ayam ternyata dapat mencegah mengumpulnya sel darah putih dan mencegah produksi mucus yang berlebihan. Sup ayam diolah dengan rempah dan sayuran yang mempunyai gizi tinggi sehingga dapat meredakan flu. Sup ayam juga diolah dengan bawang putih yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh bakteri. Merica dapat meredakan hidung tersumbat.

9. Jahe

jahe

Jahe termasuk obat herbal yang mempunyai banyak khasiat. Jahe dapat menghangatkan tubuh dan mengobati flu serta demam. Jahe  dapat memproduksi keringat sehingga dapat mengeluarkan racun dan virus dalam tubuh. Jahe juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengeluarkan dahak, dan melegakan tenggorokan.

10. Sambal bawang

sambal matah / bawang

Sambal bawang dapat meredakan flu dan pilek. Karena mengandung bawang putih yang kaya dengan allicin. Allicin mempunyai khasiat sebagai anti mikroba dan anti bakteri. Bawang putih ini dapat membantu membersihkan racun, bakteri dan virus dalam tubuh sehingga mampu memperpendek flu. Cabai mengandung capsaicin yang membantu melegakan tenggorokan dan hidung mampet.

11. Buah Bit dan jahe

buah bit

Buah bit mengandung senyawa anti inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan flu. Buah ini berwarna ungu seperti ubi dan mengandung antioksidan yang dapat membuat tubuh lebih tahan dan kuat terhadap serangan virus penyebab flu. Tambahan jahe membuat tubuh menjadi hangat dan menyegarkan tubuh.

12. Buah Semangka

semangka

Buah Semangka mengandung vitamin C, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Semangka sering dijadikan makanan cuci mulut sebelum dan setelah makan apalagi di cuaca terik. Kandungan air didalamnya dapat meringankan rasa sakit saat flu dan dapat meredakan nyeri dan pegal pada persendian jika dikonsumsi secara teratur.

13. Bayam

bayam

Selain kembang kol, bayam juga sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bayam dapat diolah menjadi makanan yang lezat, enak dan menyegarkan yaitu sup bayam. Bayam juga dapat diolah menjadi salad dan makanan ringan lainya. Anda juga dapat membuat jus bayam agar lebih ampuh. Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C serta mineral yang dapat membuat tubuh menjadi kuat dan tahan terhadap virus flu.

Bayam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh khususnya penyebab radang dan infeksi. Anda dapat mencampurkan susu atau buah lain yang manis agar jus bayam lebih enak untuk diminum.

Makanan sehat pereda flu mempunyai rasa yang lezat dan enak. Sehingga Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari. Selain makanan, Anda juga dapat minum jus apel, jus pisang, semangka, pepaya dan buah lain yang mempunyai serat, mineral, vitamin dan zat besi lain yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus penyebab flu.

Baca juga