AnakPenyakitTips Sehat

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak

12 Juni 2019

Batuk pada anak merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak di derita oleh anak-anak. Sebagai orang tua tentu akan sangat khawatir ketika buah hati mengalami batuk. Batuk bisa membuat buah hati rewel. Dengan adanya hal ini maka tidak jarang jika banyak orang tua yang khawatir ketika anak sedang mangalami batuk.

Untuk itu, sebagai orang tua sangat penting mengenali beberapa penyabab hingga cara mengobati batuk pada buah hati tercinta. Dengan demikian, maka akan lebih mudah memberikan penanganan yang tepat ketika buah hati terkena batuk.

penyebab dan cara mengobati batuk pada anak

Penyebab Batuk Pada Anak

Sebagai orang tua, penting sekali untuk mengetahui penyebab batuk yang diderita oleh anak. Sebenarnya batuk merupakan salah satu cara pertahanan tubuh yang dilakukan dengan cara memberikan perlindungan tubuh anak. Perlindungan tubuh ini terjadi dalam proses pembuangan lendir serta beberapa zat yang bisa menimbulkan iritasi.

Jika lendir-lendir tersebut tidak dibatukkan maka bisa menimbulkan beberapa partikel berbahaya yang dapat masuk ke dalam saluran pernapasan lebih dalam. Ketika partikel tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan lebih dalam, bisa menimbulkan dampak yang lebih berbahaya.

Jika anak Anda mengalami batuk yang hanya berlangsung beberapa kali saja dalam sehari atau batuk yang hilang dan timbul maka dalam beberapa minggu kedepan bisa sembuh sendiri. akan tetapi, jika ternyata batuknya berlangsung lama, misalnya lebih dari dua hingga tiga minggu, maka bisa jadi jika batuk tersebut disebabkan oleh infeksi yang membahayakan tubuh.

Jika demikian, maka segera Anda memberikan penanganan yang tepat. Anda bisa menggunakan beberapa obat alami untuk menyembuhkan batuk pada anak Anda.

Beberapa Jenis Obat Batuk Alami untuk Anak

1. Mengajak Anak Berkumur dengan Air Garam

air garam

Obat batuk alami yang bisa Anda berikan pada anak yang paling mudah yaitu air garam. Silahkan Anda campurkan beberapa garam halus serta air hangat. Jika sudah, maka ajarkan anak untuk segera berkumur dengan menggunakan air garam tersebut. Air garam sudah dikenal sebagai salah stau obat batuk alami yang sangat manjur.

2. Membuat Campuran Susu dan Kunyit

campuran susu dan kunyit

Susu yang sebelumnya dicampurkan dengan bubuk kunyit ternyata juga ampuh sebagai obat tenggorokan yang kering, hidung terseumbat hingga batuk pilek. Kunyit memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan sebagai obat inveksi virus.

Mengenai cara membuatya, Anda bisa menyiapkan segelas susu hangat, kemudian tambahkan bubuk kunyit setidaknya setengah sendik dan aduk rata. Berikan pada anak setiap malam ketike menjelang tidur.

3. Madu

madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat ampuh meredakan gejala batuk serta pilek. Dalam madu terdapat kendungan mikroba yang bisa membantuk serta melawan virus penyebab flu.

Anda bisa menggunakan madu sebagai salah satu obat batuk serta pilek. Caranya dengan mencampurkan madu dengan perasan jeruk lemon, atau bisa juga dengan mencampurkan madu dengan air jahe.

4. Jahe

jahe

Di dalam jahe terdapat kandungan antivirus yang sangat ampuh dalam melawan batuk anak. Akan tetapi, bahan herbal satu ini memiliki kandungan yang sangat kuatm sehingga Anda perlu untuk memberikan campuran madu sebelum memberikan pada anak Anda.

Cara membuatnya juga sangat mudah, Silahkan Anda cuci satu ruas jahe kemudian bakar sampai mengeluarkan aroma. Lanjutkan dengan menggeprek jahe bakar dengan 200 ml air sampai mendidih, tambahkanlah gula merah atau madu sesuai dengan selera Anda.

5. Lemon

lemon

Buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk anak. Kadungan senyawa di dalamnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan sakit dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Cara memberikannya juga cukup mudah. Anda bisa memberikan potongan jeruk lemon kemudian dihisap oleh anak Anda.

6. Sup Ayam

sup ayam

Beberapa peneliti sudah menemukan manfaat sup ayam sebagai anti peradangan. Dalam satu mangkuk sup ayam bisa membantu meredakan gejala pilek, batuk hingga radang tenggorokan.

Jangan lupa juga untuk menyajikan sup ayam ketika buah hati sedang mengalami batuk. Kandungan rempah dalam sup ayam mampu melawan virus yang bisa menyebabkan batuk.

7. Bunga Bawang

bunga bawang

Bunga bawang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan tradisional. Bahan rempah satu ini hadir dengan kandungan herbal yang mampu membersihkan lendir pada saluran pernapasan. Selain itu juga bisa memudahkan anak untuk mengeluarkan dahak. Dengan demikian maka batuk akan segera sembuh.

8. Cuka Apel

cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki kandungan anti bakteri. Kandungan anti bakteri pada cuka apel mampu membubuh patogen jahat yang ada di dalam tubuh.

Anda bisa memberikan satu sendok cuka apel yang sudah dicampurkan dengan parutan jahe serta madu sebagai obat batuk alami.

Tips Supaya Batuk Anak Segera Sembuh

Ketika Anda sudah mengetahui penyebab, cara mengobati maka sangat penting juga untuk mengetahui beberapa tips supaya penyakit batuk anak segera sembuh. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan batuk anak.

1. Berikan Istirahat yang Cukup Pada Anak

tidur anak yang kelelahan

Saat anak mengalami batuk, maka anak perlu untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Mengenai durasi istirahatnya bisa disesuaikan dengan gejala batuk yang dialami buah hati Anda. Ketika Anak anda mengalami batuk, maka membutuhkan setidaknya 2 sampai 3 hari supaya bisa sembuh.

Jangan lupa untuk memastikan anak Anda bisa beristirahat serta tidur dengan cukup dan juga tidak mengalami beberapa aktivitas yang berat. Istirahat serta tidur yang cukup adalah salah satu cara ampuh menyembuhkan batuk.

2. Memberikan Cairan yang Cukup

meminum air yang cukup

Untuk bisa merawat anak yang terkena serangan batuk,sebagai orang tua maka bisa memastikan apakah anak mendapatkan asupan minum yang cukup. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika anak masih mengonsumsi ASI, maka orang tua bisa memberikan asupan ASI yang cukup.

Ingat, jangan sampai anak Anda dehidrasi karena bisa membuat batuk semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

3. Menghindari Makanan serta Minuman Penyebab Batuk

hindari makanan gorengan

Saat anak sedang mengalami batuk, maka hindari untuk mengonsumsi makanan serta minuman tertentu yang bisa membuat batuk semakin parah. Minuman manis, minuman dingin serta makanan yang digoreng sebaiknya Anda jauhkan. Kami sarankan untuk memberikan makanan hangat dan berkuah.

4. Berikan Posisi Tidur yang Nyaman

tidur yang nyaman pada anak

Ketika anak Anda sedang mengalami batuk, sebaiknya Anda memberikan posisi tidur yang tepat. Usahakan Anda memberikan posisi tidur dengan kepala yang diangkat. Anda bisa memberikan ganjal kepala menggunakan bantal ketika tidur dalam posisi telentang.

5. Jauhkan Dari Pemicu Alergi

pemicu alergi pada anak

Ketika anak mengalami gelaja batuk alergi maka Anda bisa menghindarkan anak dari pemicu alergi. Sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan kasur serta lingkungan rumah Anda. kebanyakan debu, jamur serta bulu hewan yang menempel pada sofa atau kasur rumah Anda bisa meneyebabkan alergi. Batuk pada anak bukanlah hal sepele sehingga Anda perlu untuk mengetahui penyebab, cara mengatasi hingga tips penyembuhan yang cepat. Semoga uraian ini bisa membantu Anda semua.

Baca juga